Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Distributed Ledgers Technology (DLT) - yang intinya binary data yang tersimpan dalam sejumlah besar penyimpan , yang bisa saling memverifikasi satu sama lain - telah melahirkan alat tukar yang sangat efisien, dan menyebar begitu mudah ke seluruh dunia seperti Bitcoin dll.


Bagaimana kalau prinsip yang sama- pengelolaan secara terdistribusi - diterapkan di sektor riil seperti produksi bahan bakar? Hasilnya kurang kebih akan sama, produksi bahan bakar yang sangat efisien - karena peran yang tidak efisien akan otomatis ‘tereliminasi’ dari sistem.


Perhatikan ilustrasinya di bawah. Kalau saya mengelola proyek di pulau terpencil misalnya, opsi sekarang adalah bahan bakar saya datangkan dari pulau-pulau besar. Ini menjadi sangat mahal di ongkos logistik dan supply-nya mudah terganggu ketika musim ombak tiba. Maka saya bisa membangun sendiri micro refinery di lokasi project dan membeli minyak nabati yang diproduksi masyarakat setempat melalui pedagang pengumpul, kemudian mengolahnya menjadi BBM untuk saya pakai sendiri. Dari sini kebutuhan supply BBM dari pulau besar sudah tereliminasi dari ecosystem saya.


Ketika pedagang pengumpul tidak efisien, mengambil margin lebih dari nilai tambah yang dihadirkannya, maka saya bisa langsung membeli dari petani yang menanam pohon penghasil minyak yang saya butuhkan tersebut. Dalam hal ini fungsi pedagang yang terrliminasi. Begitu seterusnya, akan menyisakan pemain yang benar-benar efisien, nilai tambah yang diberikan meliebihi ongkos dari perannya.


Hal sebaliknya juga bisa terjadi, bila proyek saya tidak mampu membeli dengan harga yang baik, micro refinery saya tidak efisien, pedagang pengumpul dan petani-pun bisa menjualnya ke proyek lain yang lebih efisien, yang mampu membeli hasil petani dengan harga yang baik. Walhasil konsep distributed production ini akan mendorong semua pihak efisien agar tidak tereliminasi dari sistem.


Dua hal yang nenjadi enabling factors dari konsep ini, adanya komoditi penghasil minyak yang efisien - misalnya tamanu atau yang kami ssbut NuOil, dan teknologi micro refinery yang kami kembangkan, insyaAllah keduanya siap.