Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Nama genus tanaman ini adalah Abelmoschus, bahasa latin yang diturunkan dari bahasa Arab Abu Misk yang artinya Bapaknya Misk. Nama speciesnya sendiri moschatus yang artinya misik juga. Nama lengkapnya menjadi Abelmoschus moschatus yang artinya bapak para misik.
 
Dari mengetahui namanya saja, kita sudah langsung tahu apa yang kira-kira akan bisa dihasilkan oleh tanaman ini. Itulah sebabnya ketika Adam AS masih di surga, salah satu ilmu yang diajarkan langsung oleh Allah adalah mengenal nana-nama yang benar dari tanaman.
 
Dia adalah tanaman penghasil misik, dan misik atau musk yang dihasilkan tanaman ini adalah salah satu minyak yang paling berharga di industri parfum dunia, hampir semua parfum ternana di dunia menggunakannya, yang berbeda hanya takarannya.
 
Mengapa dia begitu penting? Karena dia bersifat universal base note, seperti kertas putih yang membuat apapun yang ditulis di atasnya menjadi awet, bisa dibaca dalam waktu yang lama.
 
Demikian pula fungsi misik, keharuman apapun yang ‘dituliskan’ atau diramu dengannya akan bertahan lama harumnya. Barangkali itu pula mengaoa misik digunakan disurga untuk memberi rasa penutup ( makhtum) minuman surga, agar keharuman minumannya terasa lama setelah meminumnya.
 
Pingin tahu harga minyak misik dari tanaman ini? Di pasar disebut Ambrette Seed Oil, per tetesnya dijual Rp 10,000 ! Biasanya dijual dalam satuan cc atau ml yg setara 20 tetes.
Alhamdulillah ternyata tanaman ini mudah tumbuh di negeri ini, hanya penyebutan lokalnya yang tidak segera mrmbuat orang tahu potensinya. Dia ‘hanya’ disebut sebagai kapasan atau waron bukan bapak para misik!