Oh Uang Fiat..., Sampai Kapan Engkau Bisa Bertahan…?

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Ahad, 18 November 2018

Oh Uang Fiat..., Sampai Kapan Engkau Bisa Bertahan…?

Selain menggunakan alat ukur yang baku dan teruji, mengukur nilai mata uang juga harus dilakukan dalam rentang waktu yang cukup , misalnya 5 – 10 tahun atau bahkan lebih. Mengapa demikian ?, karena kalau rentang waktu yang digunakan hanya jangka pendek – misalnya hanya dalam tempo satu tahun, orang bisa terkecoh dan keliru dalam mengambil keputusan.

 

Perhatikan gambar diatas sebagai contoh. Dalam rentang waktu satu tahun, bila diukur dengan timbangan emas sekalipun (sebagai pembanding nilai yang baku) – maka gejolak nilai mata uang seolah wajar saja.

 

Ada mata uang yang nilainya naik dibandingkan emas yaitu Yen (naik 18%); Sementara US$ dan Sing $ relatif tetap (masing-masing ‘hanya’ turun 1% dan 5%). Sedangkan mata uang Euro turun 11%, Rupiah turun 16% dan terparah Poundsterling turun 27%.

 

Untuk mengambil keputusan penting, terkait investasi jangka panjang kita sperti biaya pendidikan anak, biaya membangun rumah, biaya kesehatan dan dana pensiun – kita harus menggunakan kacamata daya beli uang dalam jangka waktu yang cukup panjang.

 

currency

Perhatikan grafik disamping yang menggambarkan nilai daya beli berbagai mata uang fiat, bila diukur dengan timbangan yang baku berupa nilai emas atau Dinar dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir.

 

Dengan mudah kita bisa melihat di grafik bahwa hanya dalam tempo kurang dari sepuluh tahun saja (Tahun 2009 yang kita pakai baru data Januari minggu ke 3), tidak ada satu mata uang fiat-pun yang bisa survive mempertahankan nilai daya belinya.

 

US$ yang katanya perkasa, dalam rentang waktu tersebut daya beli belinya terhadap emas tinggal 32 %, sementara Euro tinggal 42%, Yen tinggal 37%, Sing $ tinggal 36%, Poudsterling tinggal 28% dan mata uang kesayangan kita Rupiah tinggal 21% !.

 

Bila laju penurunan daya beli uang fiat sepuluh tahun terakhir adalah seperti grafik dan angka-angka diatas; lantas siapa yang bisa menjamin bahwa trend 10 tahun kedepan tidak akan berjalan seperti ini, atau bahkan lebih buruk melihat perkembangan krisis finansial global setahun terakhir ?, Silahkan Anda gunakan asumsi-asumsi Anda sendiri.

 

Lantas apa pula pentingnya dua grafik tersebut (untuk grafik lebih detil silahkan click pada grafiknya) pada pengelolaan/perencanaan investasi dan keuangan kita semua ?. Untuk kebutuhan jangka pendek – satu tahun atau kurang misalnya; penggunaan uang fiat bisa jadi masih cukup aman – kalau kondisi finansial secara nasional atau global berjalan tanpa turbulensi yang besar.

 

Sebaliknya untuk pengelolaan/perencanaan keuangan dan investasi jangka menengah panjang; Dinar Emas yang dapat mempertahankan daya belinya sepanjang jaman - jelas merupakan salah satu jawabannya. Wallahu A’lam.