Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Selasa, 15 Oktober 2019

Syariah

Gugur Gunung untuk Melawan Riba

 

                  Gugur Gunung adalah istilah dalam bahasa jawa yang intinya adalah bila ada masalah atau pekerjaan yang sangat besar, maka pekerjaan yang sangat besar itu hanya mungkin bisa diselesaikan bila kita melakukannya dengan bekerja bersama - sama. Saya tidak bisa menemukan siapa persisnya yang memperkenalkan istilah ini di tanah Jawa, tetapi dugaan saya adalah para wali yang menyebarkan agama islam di Jawa.

               

Read more...

Tiga Nasihat Pak Kyai

Dari waktu ke waktu rumah Pak Kyai di kampung selalu kedatangan tamu yang menyampaikan segala urusannya. Pada umumnya, Pak Kyai selalu memiliki jawaban atau nasihat yang tepat untuk setiap tamu yang berkunjung kepadanya. Ada tiga nasihat utama yang selalu pas dan relevan bahkan untuk manusia modern di zaman ini.

 

Read more...

Dengan Syariah Emas, Dunia Akan Bisa 8.7 Kali Lebih Makmur…!

Piramid Terbalik

Dalam sebuah siaran televisi Business News Network (BNN) empat tahun lalu,  Trace Mayer – seorang financial blogger yang cerdas dari Canada memberikan uraian menarik tentang struktur kekayaan di seluruh dunia saat ini. Dia menggambarkan struktur kekayaan ini membentuk piramida terbalik seperti pada ilustrasi disamping.

Read more...

Halal Haram Demystified…

Hari-hari ini adalah musim buah di kebon dan pesantren kami di Jonggol. Ada puluhan pohon rambutan, durian, manggis, matoa, menteng, sawo hijau, nangka dan entah apa lagi yang ada di sana semua hampir serentak berbuah bareng. Maka saya ingin menjadikan kesempatan musim buah ini untuk mengajarkan konsep halal haram kepada sekitar 25 anak-anak santri kami di Madrasah Al-Quran Daarul Muttaqiin.

 

Read more...

Dinar dan Teknologi, Bagaimana Status Hukumnya…?

Tulisan ini untuk menjawab beberapa pertanyaan pembaca sekaligus, yang intinya ada yang menanyakan legalitas produk-produk Dinar berbasis teknologi seperti M-Dinar yang belum lama ini kami perkenalkan. Ada dua aspek legalitas yang ingin saya jelaskan; pertama legalitas dari aspek hukum positif negara (Indonesia dan juga negara-negara lain dimana M-Dinar digunakan) dan kedua adalah aspek legalitas dari sisi syariah.

Read more...