Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Senin, 27 Januari 2020

Umum

Food Security Challenge

Sudah lebih dari 50 tahun rakyat kita tergantung dengan bahan makanan pokok berupa beras, sebelum ini masyarakat di berbagai daerah punya bahan makanan pokoknya sendiri, seperti jagung, sagu, dan lain sebagainya. Bahkan bukan hanya tergantung pada beras, kita kini juga tergantung pada bahan makanan dari gandum.

 

Read more...

Formula Kehidupan

 

 

Bumi dan langit itu awalnya satu, lalu dipisahkan-NYA melalui proses yang oleh ilmu pengetahuan modern disebut peristiwa Big Bang yang konon terjadi sekitar 13.7 miliyar tahun lalu. Entah berapa lama lagi kemudian setelah itu baru muncul kehidupan di bumi yang dimulai awalnya dengan munculnya hidrogen dan oksigen yang membentuk air.

 

Read more...

Sedekah Yang Wangi

Ada kebiasaan cerdas dan mulia dari Ummul Mukminin Aisyah Radlianllahu ‘Anha yang tidak terbayangkan oleh kita yang hidup di jaman ini. Yaitu bila ada pengemis mengetuk rumahnya, beliau mengusap uangnya dengan minyak wangi baru kemudian menyedekahkannya kepada si pengemis. Ketika ada yang bertanya mengapa beliau melakukan ini, dijelaskannya bahwa sedekah tersebut sampai di tangan Allah sebelum sampai di tangan pengemis – beliau ingin ketika sampai di tangan Allah sedekahnya dalam kondisi wangi !

Read more...

Gunung, Pohon, Manusia dan BPJS

Ini seperti tebak - tebakan anak kecil, apa persamaan atau hubungan antara gunung, pepohonan, manusia, dan BPJS ? tetapi jawabannya adalah sangat serius. Topik yang paling hangat pekan lalu adalah tentang usulan kenaikan BPJS yang mencapai 100%. Seperti Buah simalakama, bila dinaikan rakyat menjerit, bila tidak dinaikan defisit BPJS tidak teratasi.

 

Read more...

The Next G

Belum pernah saya menghadiri wisuda yang mengharu biru seperti yang saya saksikan pekan lalu di Madrasah Al-Fatih – Hambalang, Bogor. Wisuda yang dihiasi isak tangis guru-guru yang merasa malu terhadap anak-anak didiknya yang mestinya mendapat guru yang lebih baik, isak tangis orang tua yang ketakutan anaknya menjadi sombong karena tingginya ilmu mereka jauh melebihi rata-rata orang tua dan bahkan juga guru-guru mereka. Siapa yang diwisuda ini ? Inilah The Next G – generasi berikutnya yang insyaAllah akan memimpin peradaban.

Read more...