Investasi Alternatif : Ternak Sapi Dengan Hitungan Dinar…

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Senin, 21 Oktober 2019

Investasi Alternatif : Ternak Sapi Dengan Hitungan Dinar…

Lembu AgengDengan kaidah yang pernah saya jelaskan  sebelumnya dalam tulisan Bermuamalah Dengan Timbangan yang Adil, perkiraan saya harga sapi akan stabil pada kisaran angka 0.032 Dinar /kg berat kotor sapi – sebagaimana stabilnya harga kambing standar pada angka 1 Dinar selama lebih dari 1400 tahun !.

 

Dari ilmu per-sapian yang saya pelajari akhir-akhir ini; pertumbuhan berat badan sapi tergantung dari jenis sapi tetapi berkisar antara 0.35 kg/hari untuk sapi Bali sampai dengan 1.32 kg/hari untuk sapi Charolais.  Untuk gampangnya saya ambil saja angka terendah yaitu 0.35 kg berat kotor sapi/hari.

 

Artinya investasi sapi kita bisa menghasilkan 0.35 kg x 0.032 Dinar/kg berat kotor atau sama dengan 0.0112 Dinar/hari. Katakanlah separuh dari hasil kotor ini kita pakai untuk menggaji pegawai dan membeli pakan, maka insyaAllah kita dapat memiliki hasil bersih 0.0056 Dinar per hari atau 2.016 Dinar pertahun untuk satu ekor sapi. Kalu investasi bakalan sapi kita yang baik sekitar  6 Dinar/ ekor, maka hasil tersebut setara dengan 33.6 % dalam standar Dinar.

 

Hasil dalam standar Dinar 33.6% ini dapat kita konversikan ke Rupiah menjadi sekitar 72 % dan dalam Dollar menjadi sekitar 48%. Konversi ini dapat anda baca di tulisan saya tahun lalu tentang Dinar Investment Yield. Menarik bukan ?.

 

Inin masih hitungan di atas kertas, tetapi kalau kita jalankan dengan baik – insyaallah hasilnya tidak jauh berbeda dari hitungan diatas kertas yang konservatif ini. Inilah yang saya sebut bahwa investasi di sector riil yang berjalan dengan baik, insyallah akan memberikan hasil yang lebih baik dari investasi Dinar.

 

Untuk membesarkan ternak sapi ini dengan baik, saya masih membutuhkan mitra yang ahli dibidang peternakan atau kedokteran hewan yang berpengalaman dalam mengembangkan bisnis peternakan. Bila diantara pembaca ada yang tertarik dan sesuai dengan kwalifikasi yang saya butuhkan silahkan menghubungi saya langsung.

 

Siapa tahu sambil berinvestasi, kita bisa membantu program pemerintah untuk mencapai target swasembada daging sapi tahun depan. Amin.