Agrihood: Hobby, Lifestyle and Business

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Selasa, 10 Desember 2019

Agrihood: Hobby, Lifestyle and Business

 

Banyaknya respon positif dari video Agrihood melon yang kami tayangkan melalui social media kami, maka melalui tulisan ini kami berusaha menjawab seluruh pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan Agrihood ini. Pertama adalah tentang Agrihood sendiri, apa sebenarnya Agrihood ini? Agrihood adalah konsep bertani dilingkungan kita baik dilingkungan perumahan maupun lingkungan pekerjaan. Asal katanya dari Agriculture and Neighborhood yang kurang lebih maknanya bertani dilingkungan tetangga kita.  

Kedua apakah Agrihood ini memang bisa menjadi feasible business untuk dijalankan? Atau hanya sekedar hobi? Agrihood awalnya memang sebagai hobi yang lahir secara fitrah karena pada umumnya manusia menyukai tanaman-tanaman dan ternak. Namun yang awalnya hobi ini bisa terus ditingkatkan menjadi gaya hidup baru yang berorientasi lingkungan dan bahkan juga bisa menjadi rill bisnis.

 

Pertanyaan ketiga adalah bagaimana saya memulai untuk memiliki Agrihood saya sendiri? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk ini mulai dari belajar dari buku-buku, video dan artikel di internet yang sangat banyak untuk ini. Atau belajar langsung dari yang sudah melakukannya.

 

Yang sudah melakukannya dan memiliki greenhouse dengan variasi yang lengkap antara lain adalah group usaha kami dibawah bendera iGrow. Kami ada contoh-contoh greenhouse dari yang paling sederhana hingga greenhouse yang paling modern dengan teknologi mutakhir yang ada saat ini. Dari greenhouse yang sederhana mulai 100 meter persegi sampai greenhouse yang sangat besar hingga 3000 meter persegi. 

 

Cara lain yang lebih profesional yang InsyaAllah juga akan kami sediakan adalah melalui program yang kami sebut Evergrow Certified Farmer. Melalui cara ini yang InsyaAllah pembelajarannya bisa dilakukan melalui online, anda InsyaAllah akan benar-benar bisa menjadi petani Agrihood yang profesional. Bahkan bermula dari Agrihood ini, InsyaAllah anda juga bisa menguasai bidang-bidang pertanian lainnya yang anda kehendaki di kemudian hari.

 

Program sertifikasi petani ini akan memungkinkan lahirnya generasi baru kaum petani yang menguasai betul seluruh aspek dalam pekerjaannya. Karena untuk memperoleh predikat certified farmer seorang petani minimal harus sangat menguasai minimal 10 subjek yang dibutuhkan untuk tata kelola pertanian yang baik. Mulai dari penguasaan tentang tanah atau media tanam, air, iklim mikro, nutrisi, pertumbuhan tanaman, hama & penyakit tanaman, panen & penanganan pasca panen, industri turunan, pasar, dan pembiayaan pertanian.

 

Pertanyaan keempat adalah apa yang bisa ditanam di Agrihood? Prinsipnya semua jenis tanaman yang ada di alam bisa ditanam dengan konsep Agrihood. Lebih jauh dari itu Agrihood juga bisa memasukkan unsur-unsur pertanian dalam arti luas seperti peternakan dan perikanan. 

 

Bahkan bila Agrihood dilengkapi dengan teknologi tinggi yang disebut teknologi pengendalian iklim mikro atau micro climate control technology, konsep Agrihood bisa untuk menumbuhkan apa saja, dimana saja dan kapan saja atau kita sebut growing anything, anywhere and anytime.

 

Meskipun potensinya sangat luas namun untuk mulainya tentu masing-masing kita punya preferensi sendiri, kami memulainya dengan melon yang sangat manis dan tomat cherry yang selain rasanya sangat enak juga buahnya sangat banyak. Kami pilih dua tanaman ini karena alasan harga jualnya yang baik di pasaran.

 

Kelima, seperti apa hitung-hitungan bisnis Agrihood ini? Yang sangat krusial menentukan feasiblity produk pertanian pada umumnya dan Agrihood khususnya adalah harga jual produk. 

 

Variasi dalam biaya tetap seperti biaya pembangunan greenhouse dan tenaga kerja maupun biaya variable seperti benih dan nutrisi tidak banyak berbeda dari satu sumber ke sumber lainnya. Namun harga jual produk bisa sangat berbeda dari satu pasar ke pasar lainnya.

  Pada ilustrasi diatas misalnya, biaya pembuatan greenhouse lengkap dengan peralatan dasarnya termasuk drip irrigation berada pada kisaran 1 juta permeter persegi ketika ukuran greenhouse ini hanya 100 meter persegi. Biaya permeter persegi ini bisa turun sampai kisaran 30% bila greenhouse di perbesar hingga 1000 meter persegi. 

Demikian pula tenaga kerja, ketika greenhouse hanya sekedar hobbi dalam ukuran 100 meter persegi, anda masih bisa menanganinya sendiri di sela-sela waktu luang anda. Namun ketika greenhouse ini anda perbesar menjadi dua kalinya misalnya, anda pasti mulai membutuhkan asisten yang perlu dianggarkan biayanya yang sesuai.

Tetapi ketika greenhouse ini tumbuh sampai 1000 meter persegi misalnya, jumlah tenaga kerja anda akan cenderung stabil karena mengurusi 500 meter persegi dengan 1000 meter persegi greenhouse tidak membutuhkan tenaga kerja yang dua kali lipatnya.

Yang akan sangat membedakan hasil anda adalah di variasi harga jual produk. Ketika kami menjual melon kami yang sangat manis ke masyarakat yang berkunjung ke Agrihood kami di Jonggol misalnya, harga jual melon kami adalah Rp25.000,- per kilogram. Harga ini cukup rendah karena harga melon sejenis di toko buah kelas atas mencapai Rp68.000,- per kilogram.

Tetapi karena lokasi Agrihood kami yang berada di Jonggol membutuhkan effort khusus orang untuk datang kesana. Bayangkan kalau anda membuat Agrihood sejenis dilingkungan perumahan anda yang elit, dimana para penghuninya biasa berbelanja buah ke toko-toko buah kelas atas, anda tentu tidak kesulitan untuk menjual melon anda dengan harga yang mendekati atau bahkan lebih tinggi dari harga jual di toko-toko tersebut.

Membeli buah segar dengan memetiknya langsung dikebun selain meningkatkan nilai jual juga bisa menjadi lifestyle tersendiri yaitu lifestyle dimana orang mulai menyukai apa yang disebut traceable food. Makanan yang bisa dilacak langsung sampai ke sumber produksinya.

Pertanyaan keenam, kerjasama seperti apa yang ditawarkan iGrow group untuk pengembangan Agrihood dilingkungan saya? Selain penyediaan seluruh sarana prasarana yang dibutuhkan untuk terbangunnya greenhouse Agrihood dilingkungan anda, termasuk pelatihannya, kami juga akan mengintegrasikan Agrihood anda dengan supply chain ke pasar yang sedang kami bangun.

Artinya selain yang anda tentu dengan mudah bisa jual sendiri hasilnya ke lingkungan anda, kelebihan produksinya bisa masuk jaringan yang sama dengan yang kami miliki. Sebaliknya juga demikian bila ternyata animo masyarakat anda lebih besar dari produk yang bisa dihasilkan oleh Agrihood anda, produk-produk dari Agrihood lain juga InsyaAllah juga bisa kami arahkan untuk mem-backup kebutuhan anda. Intinya jaringan Agrihood ini akan kami rangkai menjadi satu supply chain yang saling mengisi dan melengkapi.

Pertanyaan berikutnya adalah, apakah hanya terbatas pada melon? Tentu tidak. Tetapi melon kami jadikan sebagai batu loncatan untuk memasuki dunia Agrihood yang lebih kompleks kedepannya. Saat ini misalnya kami bisa mengkaji kemungkinan bisa menanam strawberry di Agrihood-Agrihood tersebut, tetapi untuk ini Agrihood yang berada di daerah dataran rendah harus dilengkapi dengan climate control yang hemat energi. Maka diperlukan persiapan khusus untuk ini, baik dari sisi keterampilan maupun pembiayaan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah dimungkinkan untuk mendapatkan pendanaan Agrihood dari iGrow goup? saat ini dengan sistem iGrow memang kami bisa mendanai proyek semacam ini, bahkan kami juga sedang menyiapkan equity crowdfunding yang bisa mendanai perusahaan Agrihood yang lebih besar dari Fintech lending.

Namun, pembiayaan dari publik atau cowdfunding semacam ini tentu merupakan amanah yang besar yang harus dijalankan dengan penuh profesionalisme dan kehati-hatian. Oleh karenanya kami merencanakan untuk bisa merekomendasikan petani-petani Agrihood ini untuk memperoleh pendanaan berdasarkan progres yang dicapai oleh masing-masing petani, setelah ketahuan betul hasil dari model bisnisnya dan ini juga terkait dengan Evergrow Certified Farmer tersebut diatas.

Intinya kami ingin mendorong semanyak mungkin petani-petani modern kita adalah petani yang bersertifikat, karena dari sinilah pembiayaan-pembiayaan yang terkait dengan pertanian ini akan juga menjadi lebih mudah dan lebih aman untuk disalurkan.

Pertanyaan terakhir adalah tentang what next? Kalau saya berminat membangun Agrihood dilingkungan saya apa yang harus saya tempuh? Kami menyediakan formulir pendaftaran untuk ini yang dari formulir tersebut kami akan deteksi kebutuhan anda dan tim kami akan membantu realisasinya satu persatu. Formulir pendaftaran ini dapat diisi melalui link berikut:

bit.ly/AgrihoodRegistration