Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Selasa, 15 Oktober 2019

Entrepreneurship

Food Tech untuk Rekonsiliasi Antara Para Pecinta Durian dengan Para Pembencinya

Durian seperti tokoh politik, bila satu kelompok orang sangat menyukainya, maka kelompok yang bersebrangan pasti membencinya. Tetapi, para tokoh - tokoh politik yang berwawasan kebangsaan luas dengan mudah melakukan rekonsiliasi satu sama lain dengan caranya sendiri, yang kadang memang sulit dipahami oleh para pendukungnya yang hanya bisa melihat dari jauh sambil menggigit jari.

Read more...

Productivity Gap and Capital Trap

Sudah hampir setahun ini saya nyaris tidak bisa membaca dan menulis karena harus menjalani serangkaian operasi mata yang sampai saat ini sudah berjalan 6 kali, dan mudah -mudahan yang ketujuh minggu depan merupakan final-nya. Namun, kerinduan untuk bisa menulis dan menyapa komunitas pembaca tulisan saya mendorong saya untuk tidak sabar menulis lagi, meskipun harus dibantu oleh orang lain.

 

Read more...

Food Security Ala Nabi Yusuf

Masih dibulan syawal, waktu yang tepat bagi kita untuk menindaklanjuti hasil puasa kita berlapar-lapar selama 1 bulan penuh di bulan Ramadhan kemarin. Apa pelajaran yang tersisa dari ibadah rutin kita sebulan penuh setiap tahun itu? Apa cukup dengan berlapar-lapar sebulan tetapi setelah itu tidak ada tindak lanjutnya?

Read more...

Zakah for No Poverty and Zero Hunger in SDG’s

Setelah merdeka selama 74 tahun, negeri yang hijau royo-royo ini masih terus tertatih-tatih untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar rakyatnya khususunya dalam hal swasembada pangan. Konon kita memang pernah swasembada pangan yang diakui dunia tetapi mayoritas tahun-tahun lainnya kita masih harus mengimport begitu banyak bahan makanan dari luar negeri, import beras bahkan naik dari kisaran 800an ribu ton tahun 2015 menjadi diatas 2 juta ton tahun 2018 lalu.

Read more...

Eksplorasi Langit

Sudah lebih dari 14 abad silam umat ini ditantang untuk menaklukkan langit dan bumi, tetapi hingga kini pun belum banyak yang bisa ditaklukkan di bumi apalagi di langit. Ketika orang lain sudah merencanakan Space Colony yaitu masyarakat yang akan tinggal di angkasa luar, kita malah baru berdebat tentang perhitungan suara yang remeh temeh.

 

Read more...